pergerakan unitomo

6 11 2008

Sejarah Pergerakan Mahasiswa
Universitas Dr. Soetomo

Universitas Dr. Soetomo (Unitomo) merupakan salah satu kampus di Surabaya yang mempunyai andil besar dalam pergerakan mahasiswa untuk menggulirkan Reformasi pada pemerintahan Orde baru tahun 1998 berbagai aksi – aksi perlawanan terhadap otoriterisme pemerintah banyak dilakukan dengan jiwa militansi dan semangat yang membara sehingga pantas ketika Unitomo dijadikan sebuah parameter bagi pergerakan mahasiswa se Surabaya oleh banyak kalangan masa itu. dengan berbagai dinamikanya pergerakan mahasiswa Unitomo tetap eksis dengan bebagai perubahan hingga sekarang.

Sejarah munculnya pergerakan mahasiswa di Unitomo telah ada jauh sebelum terjadinya Reformasi ’98 ketika munculnya SMID ( solidaritas mahasiswa Indonesia untuk demokrasi) nafas reformasi sudah berhembus dari beberapa Mahasiswa peka dan mampu mengobarkan jiwa perlawanan rakyat untuk sebuah kata perubahan. sebuah issue besar yang cukup berani dikobarkan adalah lima paket Undang – undang politik yang menimbulkan reaksi politik luar biasa dari pemerintah Orde baru disisi lain menjadi pemicu bagi perlawanan – perlawanan baru mahasiswa.

Peristiwa 27 Juli 1996 (kudatuli) bukti keditaktoran pemerintah orde baru kala itu menimbulkan berbagi macam kerusuhan di Jakarta hingga berlanjut kepada penangkapan Aktivis mahasiswa di Surabaya. dari sini pergerakan mahasiswa Unitomo muncul untuk mengawali desingan reformasi merembet ketelinga rakyat dengan menyeret organ yang bernama KAMAR (kesatuan aksi Mahasiswa dan Rakyat) mengkritisi berbagai kebijakan pemerintah Orde baru.

Pergerakan mahasiswa di Unitomo mulai memanas Saat Soeharto naik lagi sebagai Presiden pada Pemilu 1997 yang disusul naiknya harga kebutuhan pokok (krisis moneter) membuat berbagai kerusuhan terjadi di Indonesia, Aksi – aksi turun kejalan mulai marak kembali dengan berbagi macam issue – issue social walaupun pada akhirnya berpuncak pada satu Issue untuk turunkan Soeharto. pergerakan mahasiswa semakin massif ketika konser Aksi Sejuta Merah Putih pada akhir 1997 yang dihadiri oleh seniman – seniman besar dari Jakarta diantaranya Iwan Fals, Anto Baret, Sawung Jabo dan WS Rendra dll menggugah semangat mahasiswa melalui syair – syair kerakyatan.
Pergerakan mahasiswa Unitomo semakin panas pada Mei 1998 setelah beberapa Aktivis mahasiswa Tri Sakti Jakarta meninggal oleh senjata Aparat keamanan, berbagai aksi – aksi yang dilakukan semakin berani dan militan untuk menurunkan Soeharto. Aksi – aksi yang dilakukan pun tidak hanya berkutat didalam kampus. Tapi lebih sering turun kejalan dengan jumlah massa yang besar guna mempresser Soeharto untuk turun, sementara didalam kampus Intensitas diskusi dan konsolidasi lebih dimasifkan guna merespon setiap detik perkembangan yang terjadi hingga didirikan sebuah tenda besar dilapangan Unitomo sebagai tempat pengorganisiran massa selama 3 bulan. yang akhirnya lebih dikenal dengan “tenda biru” sesuai dengan sebutan Unitomo waktu itu sebagai kampus biru.

Tenda biru yang didirikan ini berbagai aktivis mahasiswa luar Surabaya yang datang, Unitomo menjadi tujuan untuk memperoleh berbagi Informasi Gerakan. banyak tokoh – tokoh nasional yang simpati kepada Reformasi banyak yang datang ke tenda biru Unitomo diantaranya Daniel S paringga, Siswono Yudho Husodo yang kala itu menjadi mantan menteri perumahan, Sucipto dari PDIP dll memberikan motivasii kepada mahasiswa karena militansi dan kemurnian gerakan yang ada.
Pergerakan Unitomo dengan dukunagn massa yang besar, pergerakan untuk reformasi di Unitomo mencapai klimaks dengan adanya Orasi terbuka oleh tokoh – tokoh nasional, beberapa dosen dan rektor Unitomo yang merupakan salah satu dari 3 rektor di Surabaya yang ikut turun ke jalan untuk mendukung reformasi

Detik – detik menjelang kejatuhan Soeharto berbagai macam bentuk aksi semakin ramai dilakukan, pelataran Unitomo tempat berdirinya tenda biru telah dipenuhi ribuan mahasiswa dari berbagai kampus dilaksanakan simulasi Pemilu untuk tidak memilih Soeharto, dilakukan sebagai penolakan terhadap kepemimpinan Soeharto


Aksi

Information

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s




%d blogger menyukai ini: